Kenapa banyak siswa tidak bisa berbahasa Inggris dengan lancar setelah “belajar” belasan tahun? Berikut fakta dan solusi yang bisa Anda coba.

Sudah sangat umum bahwa lebih banyak siswa maupun mahasiswa yang tetap tak mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar baik secara formal maupun informal. Jadi, apakah penyebab dari hal tersebut? Gampang saja! Pertama, Mereka hanya belajar MENARI #eh, maksudnya menulis. Yang namanya belajar bahasa, Anda harus berlatih mengucapkannya dengan lantang, meskipun masalah logat atau dialek bisa Anda pikirkan belakangan. Kedua, jangan takut salah hanya karena kurangnya perbendaharaan kata maupun pemahaman dalam penggunaan tenses. Ketiga, kurangnya rasa bangga dan semangat dalam belajar bahasa Inggris. Mau belajar apa pun kalau tidak didahului dengan semangat, pasti hasilnya akan jadi amburadul. Dikarenakan Anda belajar dengan cara yang salah, makanya dari dulu hingga sekarang Anda tetap tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sedikit tips yang bisa Anda coba.

Percaya diri

Percayalah bahwa Anda P-A-S-T-I bisa! Dengan modal rasa percaya, Anda sudah memiliki modal utama dalam belajar bahasa Inggris karena tanpa itu Anda sebaiknya mundur saja dalam keinginan untuk jadi jagoan dalam berbahasa Inggris.

Ucapkan!

Ucapkanlah setiap kata atau prasa yang Anda sudah ketahui bahasa Inggris serta bahasa Indonesianya. Jangan segan atau malu. Jika anda masih kurang PD, belajarlah pengucapan di dalam kamar Anda dulu. Jadi, jangan “kambinghitamkan” orang lain karena Anda tidak bisa berbahasa Inggris. Latihlah dengan diri Anda sendiri tanpa bantuan seseorang dalam melatih pengucapan atau pun percakapan.

Tambah perbendaharaan kata

Secara perbendaharaan kata sifatnya bejibun, maka mulailah dari benda-benda atau hal-hal yang Anda anggap mudah atau pun Anda memiliki ketertarikan yang lebih besar terhadapnya. Misalnya, jika Anda suka musik, maka mulailah dari mengucapkan/menyanyikan serta mengartikan lirik lagu kesayangan Anda. Dan jika Anda seseorang yang suka otomotif, sama seperti saya tentunya, maka Anda boleh memulai dari jenis transportasi maupun dunia balap dan sebagainya.

Pahami tenses

Nah, ini dia yang super duper payah bagi sebagian orang. Dipostingan saya selanjutnya, saya akan beberkan semua jenis tenses dan pemahaman serta rumus hingga hal-hal penting lainnya. Tenses merupakan bagian penting dalam membuat kalimat yang dapat dimengerti oleh lawan bicara. Jika Anda belum bisa paham sepenuhnya yang terpenting Anda tahu arti kosa kata yang anda pergunakan sehingga lawan bicara Anda pasti akan tetap mengerti walau pun dia mungkin akan mengernyitkan dahi. =)

Sekian dulu perjumpaan dan pembahasan kita dalam kesempatan ini. Ingat! Tetap semangat dan PD dalam berusaha menaklukkan “MONSTER” yang bernama ENGLISH a.k.a. BAHASA INGGRIS!

Salam Polyglot.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s